WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Mengenali Kelebihan dan Kekuranganmu

Setiap kita perlu menyadari bahwa yang jauh mengenali kedalaman diri kita adalah diri sendiri.

 

Bagaimana bisa seperti itu? Iya…itu bisa terjadi karena seringkali kita acuh tak acuh atau kurangnya keinginan untuk mengenali seperti apa karakter di dalam diri. Kita lebih sering mengenali seseorang yang kita benci atau suka lewat gosip. 

Kamu mungkin sudah banyak mencari informasi tips mengenali kelebihan dan kekurangan lewat berbagai media, tapi tidak menjawab apa yang kamu harapkan. Hal tersebut jangan disesali apalagi sedih karena itu adalah awal yang baik. Dengan membiasakan diri untuk mencari tahu, maka proses untuk sedikit mengenali sudah kamu dapatkan. Nahhh…ada cara nih buat kamu yang mau tau lebih apa kelebihan dan kekuranganmu. 

 

Refleksi diri (memikirkan sebanyak apa yang kamu bisa)

woman sitting on bench over viewing mountain

Refleksi diri membawa kita pada ruang lingkup yang benar-benar sendiri tanpa siapa pun. Mengingat semampu mungkin apa yang bermanfaat dan tidak bermanfaat yang sudah kamu lakukan bagi orang lain. Kalau kamu merasa banyak yang kurang atau tidak bermanfaat, usahakan jangan berhenti di situ, tapi mencoba untuk lanjut berefleksi. Berjuang untuk berpikir ringan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan, sehingga lebih kurangnya Tuhan yang adil. Setelah merasa nyaman tuliskan dalam buku apa yang bermanfaat dan apa yang tidak. 

Tanya orang tua (meminta perbandingan ketika masih kecil dan saat sekarang)

307604487

Untuk kamu yang merasa tidak nyaman karena berpikir kasihan orang tua pasti capek atau memang kurang suka curhat sama mereka. Kamu harus menuntut diri, setidaknya meminta ibu atau bapak untuk diminta bercerita. Langkah ini hanya melanjutkan langkah sebelumnya, jadi penting juga untuk dicatat. Upayakan saat orang tua bercerita meminta terlebih dahulu agar semua yang disampaikan dengan jujur. 

Tanya teman (teman main di rumah dan di kelas) 

woman in brown and white plaid dress shirt sitting on chair

Jika kamu berpikir ini untuk kebaikanmu, maka kamu seharusnya bertanya pada teman yang kamu suka dan yang kamu benci. Untuk memulai percakapan dengan teman yang kamu benci, kamu mesti jujur terlebih dahulu sama dia. Kalau kamu merasa ada salah meminta maaf terlebih dahulu, kalau tidak sampaikan saja kalau kamu pengen curhat sama dia. Bila ia tidak bisa, anggap saja bahwa iya mungkin sibuk dan ada masalah juga yang harus dihadapi. Kalau itu dilakukan berulang kali, temanmu itu pasti mau dengar, bahkan iya juga lebih banyak cerita nantinya. 

Berdoa (siapkan waktu 10 menit untuk bicara sama Tuhan dan diri sendiri)

person wearing pink crew-neck shirt with hand clasped together

Kalau kamu merasa dan berpikir rasanya doamu tak akan didengar oleh Tuhan, tetap berusaha berdoa. Lalu berkata pada diri sendiri seperti berikut. Hari ini apa yang baik dan yang kurang sudah aku lakukan?” Besok aku mau menjadi karakter yang seperti apa? Lalu kita jawab apa yang sudah kita tanyakan. Biasanya setelah banyak pertanyaan dan jawaban yang kamu sampaikan, kamu akan merasa Tuhan akan menjawab doamu. 

Kamu pasti sedikit lebih mengetahui apa kelebihan dan kekuranganmu setelah membaca beberapa cara di atas. Pada dasarnya, kelebihan dan kekurangan dalam dirimu dapat mengalami perubahan yang cepat, tergantung pada kondisi lingkungan atau letak geografis di mana kamu berada, sehingga ada kaitanya dengan budaya setiap orang. Maka, setiap kamu yang mau memiliki banyak kelebihan, banyaklah menghabiskan waktu di lingkungan yang baik. 

 

Penulis: Tomi

Universitas Kristen Indonesia

Leave A Comment