WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Campur-campur Bahan Skincare? Emang Boleh?

Skincare atau perawatan wajah menjadi hal yang sedang trendy di lingkungan masyarakat saat ini, terutama di kalangan anak-anak muda. Bagaimana tidak, jerawat, komedo, wajah kusam, bruntusan, dan wajah kering sering menimpa wajah kita. Terutama pada wajah anak-anak remaja di masa pubertas karena hormon-hormon yang sedang naik.

 

Nah Sunners, kalian tahu tidak bahwa produk-produk skincare mengandung masing-masing bahan sesuai dengan kebutuhan wajah kita. Seperti, AHA, BHA, Acid, Beeswax, Antioxidant, Blemis, Booster, dan lain-lain. Istilah-istilah dalam dunia skincare memang agak sulit dipahami pada awalnya. Eits, beberapa bahan-bahan tersebut ada yang tidak boleh dicampur loh karena dapat membuat wajah kalian breakout (berjerawat lebih parah). Namun, jangan khawatir sobat Sunners, kalau kalian kurang paham pada istilah-istilah diatas, kami akan membahas mengenai bahan-bahan mana yang sebaiknya dihindari untuk digunakan (Dont’s), dan mana yang direkomendasikan dalam melakukan proses skincare (Do’s)^^

 

DO’S

 

 

Pada bagian ini, akan dibahas mengenai campuran kandungan apa yang sebaiknya kalian gunakan sesuai dengan kondisi kulit dan agar hasil yang diperoleh semakin maksimal ^^

 

  1. Vitamin A & Antioksidan

Vitamin A dipercaya dapat melindungi kulit agar tetap kenyal dan elastis, sehingga garis-garis halus pada wajah dapat tersamarkan. Produk yang mengandung vitamin A dapat ditemukan pada produk bertuliskan “Retinol” atau “Retinoid”.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kalian dapat menggabungkan bahan ini dengan produk yang mengandung antioksidan, dimana antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari debu, kotoran, polusi dan sinar matahari. Ketika dua bahan ini digabungkan, maka kulit akan terlindungi baik dari dalam maupun luar.

 

  1. Hyaluronic Acid & Retinoid

Nah, selanjutnya ada hyaluronic yang berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembab, terhidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit. Sangat cocok untuk kalian yang ingin wajahnya lebih lembab ^^

Ketika digabungkan dengan kandungan Retinoid, maka hasilnya akan lebih maksimal lagi dalam menjaga kulit agar lebih kencang, kenyal, lembab, dan mencegah datangnya penuaan dini.

 

  1. Antioksidan & Sunscreen

Ini adalah kandungan terpenting dalam proses skincare sobat Sunners! Yaitu sunscreen yang fungsinya melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Sunscreen merupakan produk skincare yang sangat wajib kalian punya dan dipakai setiap hari ^^

Sebelum memakai sunscreen, akan lebih baik jika memakai essence  atau serum yang mengandung antioksidan. Fungsinya adalah antioksidan dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan wajah dehidrasi, dan merusak struktur kulit. Setelah menggabungkan dua kandungan ini, maka sel kulit wajah yang rusak akan teregenerasi kembali dan perlindungan kulit menjadi ekstra.

 

  1. Niacinamide & Acid

Niacinamide adalah kandungan yang cukup terkenal karena fungsinya yang dapat memudarkan noda jerawat, menyamarkan noda kusam diwajah, mengurangi minyak berlebih, dan juga menjaga tingkat kelembapan pada kulit.

Kandungan ini akan menghasilkan hasil yang lebih baik jika pemakaiannya digabungkan dengan kandungan acid. Seperti glycolic acid yang dapat membuat wajah lebih halus. Lactid acid juga berfungsi sebagai menghidrasi kulit. Gabungan kedua kandungan ini dapat menghasilkan wajah lebih cerah, kencang dan lebih halus.

 

  1. Vitamin C & Vitamin E

Kandungan vitamin C memiliki fungsi untuk mencerahkan wajah dan meningkatkan kolagen pada kulit. Tidak hanya vitamin C saja, namun ada kandungan lain yaitu vitamin E yang memiliki fungsi untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan meregenerasi sel kulit mati.

Apalagi kedua kandungan ini dipakai secara bersamaan, maka wajah akan lebih terlindungi, lebih lembab dan mengurangi kulit kusam.

 

 

DONT’S

 

           

Nah Sunners, kalau tadi kita sudah tahu kandungan-kandungan apa yang bagus ketika dipakai di saat yang bersamaan, maka selanjutnya ada loh kandungan yang tidak boleh dipakai secara bersamaan. HASILNYA AKAN FATAL! Kulit kalian bisa breakout loh Sunners:( yuk simak dibawah ini!

 

  1. Vitamin C & Niacinamide

Pada dasarnya, kedua kandungan ini memang berfungsi untuk menghilangkan noda bekas jerawat pada kulit wajah. Namun, jika menggabungkan kedua kandungan ini dapat membuat kulit wajah iritasi dan malah menimbulkan jerawat.

Niacinamide membuat vitamin C tidak berkerja sehingga pada akhirnya membuat kulit menjadi merah-merah dan breakout.

 

  1. Vitamin C & AHA/BHA

Karena vitamin C memiliki asam yang cukup tinggi, maka sebisa mungkin hindari pemakaiannya bersamaan dengan AHA/BHA. Jika digabungkan maka pH wajah menjadi terganggu. Akhirnya, kedua kandungan ini tidak bisa bekerja pada kulit wajah sama sekali.

 

  1. Retinol & AHA/BHA

Retinol, salah satu kandungan yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan AHA/BHA selain vitamin C. Retinol yang memiliki peeling agent, yaitu yang sifatnya membuat kulit beregenerasi dengan cepat. Jika dipakai secara bersamaan, maka dapat merusak kelembapan kulit, membuat kulit jadi kering dan juga iritasi.

 

  1. Vitamin C & Retinol

Kedua kandungan ini merupakan bahan yang cukup aktif dalam produk kecantikan. Jika keduanya dipakai secara bersamaan, maka kulit akan menjadi iritasi, timbul kemerahan, dan terjadi pengelupasan kulit.

Bahkan, kulit dapat menjadi lebih sensitif pada matahari sehingga kulit akan mudah terbakar. Akan lebih baik jika penggunaan keduanya dipisah antara siang hari dan malam hari.

 

  1. Glycolic Acid & Salicylic Acid

Kedua kandungan ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit wajah. Namun, jika dipakai secara bersamaan, maka akan menimbulkan reaksi pada wajah dan tidak bekerja secara efektif.

Sama seperti vitamin c & retinol, pemakaian glycolic acid dan salicylid acid dapat digunakan secara terpisah pagi dan malam hari.

 

  1. Oiled Based & Water Based

Seperti yang kita tahu semasa sekolah bahwa pada dasarnya minyak dan air tidak dapat bersatu. Sama halnya pada kedua kandungan ini, yang jika dipakai secara bersamaan maka tidak akan bekerja. Produk yang mengandung kandungan minyak justru akan menyerap formula produk yang memiliki kandungan air.

 

Nah Sunners, itulah kandungan-kandungan yang boleh dipakai secara bersamaan dan mana yang tidak^^ Namun, kembali lagi kepada diri kita sendiri, ketahuilah apa yang kulit wajah kita butuhkan, dan mengingat bahwa mana produk yang cocok di kulit kita serta mana yang tidak.

Semoga sobat Sunners yang sedang mencari produk skincare, akan cocok dengan kulit wajah kalian! Semangat Sunners! ^^

Penulis : Monica Arnetta.S.P (Universitas Pancasila)

 

11 comments

  1. Divyaswary sritharan

    Aha bha bole campur dengan apa???

  2. Wahyuni setya ningrum

    Hallo, saya mau Tanya saya Sedang Menggunakan facial wash yg mngandung AHA, Dan saya Sedang akan Menggunakan moisturizer yg mngandung niacimamid, apakah nanti akan berpotensi menimbulkan breakout….? Atau saya urungkan saja niat saya Menggunakan Salah Satu produk, atau adakah solusi supaya saya bisa Menggunakan kedua produk tnpa mengurangi kinerja dari kedua produk tersebut….?

    1. Editor

      Hai Sunners 🙂 Kalau dari penelitian mimin, harusnya aman karena yang tidak boleh digabung AHA dan Benzoyl Peroxide ^^ Namun agar lebih aman, baca baik2 petunjuk di kemasan keduanya, atau konsultasi ke dokter kulit untuk lebih pasti ^^
      Semangat!

  3. nabila

    hallo, mau nanya klo serum niacinamide trs pake sunscreen yg ada kandungan vitamin c nya boleh dipakai barengan ga ya?

    1. Editor

      Hai, Sunners! 🙂 Jika di kemasan tidak ada keterangan kontraindikasi dan digunakan sesuai takaran, harusnya aman ^^ Kalau ragu, testing dulu sedikit di punggung tangan

  4. Ali Ramadhan

    Min saya mau tanya apakah boleh pakai dua Skincare dalam sehari (siang dan malam) 1. ponds white beauty facial foam (pagi) , 2. Ponds clear solutions facial scrub (malam)

    1. Ali Ramadhan

      Perbaikan Min!😅…Min saya mau tanya apakah boleh pakai dua Skincare dalam sehari (pagi dan malam) 1. ponds white beauty facial foam (pagi) , 2. Ponds clear solutions facial scrub (malam)

      1. Editor

        Seharusnya aman kok asal digunakan sesuai takaran ^^ Perhatikan saja respons kulitmu setelah beberapa hari

  5. Navira

    Kak, boleh ga compare vit A dengan vit E ?

    1. Editor

      hola sunners, terima kasih usulannya, akan didiskusikan di rapat redaksi 🙂

Leave A Comment