WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

BINGUNG MENENTUKAN JURUSAN KULIAH SESUAI MINAT ATAU BAKAT? SIMAK TIPS BERIKUT INI!

Halo Sunners!

Adakah diantara kalian yang sedang merasakan galau akibat menentukan program studi untuk masuk ke perguruan tinggi?

Yaps, pastinya kalian merasa bingung dong apabila harus memilih jurusan yang sesuai minat atau bakat. Untuk mencari tahu jawabannya, kalian sibuk menanyakan kepada keluarga, kerabat, kekasih, bahkan melamun di dalam kamar agar bisa mendapatkan jawaban tersebut.

Memang, yang namanya memilih jurusan kuliah cukup membuat hati dilema, tapi yang perlu Sunners ketahui bahwa kunci dalam memilih jurusan kuliah bisa diperoleh dengan mengenal kepribadianmu sendiri, lho.

Misalnya, kalian memiliki bakat memasak namun kalian memiliki minat dibidang menggambar busana. Kira-kira jurusan apa sih yang akan kalian pilih? Sesuai Minat atau Bakat? Simak Tips Berikut Ini!

1. Ketahui informasi mengenai jurusan kuliah yang kalian pilih

Tips yang pertama adalah mengetahui informasi mengenai jurusan kuliah.

Kenapa kalian perlu mengetahui hal tersebut? Karena hal tersebut dapat membantu kalian untuk mendapatkan gambaran dan prospek kerja  kedepannya sesuai program studi yang kalian pilih. Misalnya,  dalam program studi memasak atau biasa dikenal dengan istilah tata boga, kalian nantinya akan memiliki usaha kuliner, koki dan sebagainya. Apabila kalian memilih jurusan tata busana, prosepek kedepannya kalian akan menjadi designer pakaian, pengusaha butik dan sebagainya.

Yang terpenting adalah ketahui kemampuan yang kiranya sesuai dengan apa yang kalian miliki. Jangan sampai kalian memilih jurusan yang diluar dari kemampuan kalian ya Sunners.

2. Nyaman

 
Tips selanjutnya adalah nyaman.

Kenapa kita harus merasa nyaman? Karena di dalam proses pembelajaran nantinya, kalian akan mengalami fase kejenuhan. Nah, apabila kalian merasa nyaman dalam memilih jurusan sesuai dengan minat atau bakat kalian, sudah dipastikan jurusan yang kalian pilih akan berjalan dengan lancar.

Tips ini bisa diimbangi dengan motivasi kalian. Hal apapun yang membuat kalian termotivasi untuk memilih jurusan nantinya, akan membuat kalian merasa nyaman dan mudah dalam menjalaninya.

3. Komitmen

Tips yang terakhir yaitu komitmen.

Sebenarnya jurusan yang akan kalian pilih berdasarkan minat atau bakat bukanlah sebuah masalah yang signifikan. Yang terpenting adalah komitmen kalian dalam memilih jurusan perkuliahan sesuai dengan yang kalian cita-citakan. Jangan sampai kalian menjadi seseorang yang labil dalam memilih, karena hal tersebut dapat menghambat tujuan kalian untuk menggapai masa depan gemilang yang sesuai dengan impian dan cita-cita.

Nah itulah tips yang bisa disampaikan. Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan tuntutan hati sendiri tentu diharapkan Sunners mampu bertahan menghadapi permasalahan baik yang terkait dengan masalah akademis maupun kehidupan pribadi ketika melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Penulis: Lidya Setia - Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment