WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Belajar untuk Berkata “Tidak”

Sunners, apakah selama ini kamu selalu mengatakan “Ya” setiap kali ada seseorang yang membutuhkan bantuanmu? Apakah selama ini kamu selalu mengangguk pasrah ketika ada seseorang yang menyuruhmu melakukan sesuatu yang bahkan tidak kamu sukai? Apakah selama ini kamu hanya mampu tersenyum di setiap kali dimintai pertolongan, yang bahkan kamu sendiri tidak sanggup untuk membantunya? Jika iya, maka kamu sedang menyakiti dirimu sendiri secara perlahan-lahan, tanpa kamu sadari. 

Menolaklah sesekali. Jika dirasa kamu tidak menyanggupinya, maka kamu berhak menolak. Kamu harus bisa berkata “Tidak”. Menolak sesuatu tidak akan membuat dunia ikut menolakmu. Tapi jika kamu menerima sesuatu yang dirimu sendiri menolaknya, maka dunia dengan senang hati menyingkirkanmu, dengan caranya.

Singkirkanlah rasa tak enak hati. Sikapmu yang seperti itu bisa saja dimanfaatkan oleh orang-orang di sekitarmu. Belajarlah untuk mengabaikan hal-hal yang memang seharusnya kamu abaikan. Dan pedulilah pada hal-hal yang memang seharusnya kamu pedulikan. Berbaik hati boleh, tapi kamu harus tetap berpikir logis, demi keselamatan dirimu sendiri.

Tegaslah untuk dirimu sendiri. Mulutmu bisa saja menyetujui, namun ternyata hatimu menolak, pun sebaliknya. Mulai sekarang, belajarlah untuk melakukan segala sesuatu atas persetujuan kedua belah pihak; jiwa dan ragamu. Tanpa keduanya, kamu tidak akan bisa melakukannya secara maksimal.

Sesuai porsinya. Jika memang kamu tidak sanggup, jangan kamu paksakan. Jika kamu sudah mulai lelah, istirahat sejenak. Jika kamu merasa itu sudah di luar batas dirimu, berhentilah.

Semua hal yang terjadi di dunia ini bukan sepenuhnya tanggung jawab kamu untuk menyelesaikannya. Misi setiap orang berbeda-beda. Saling membantu memang diperlukan. Berbuat baik memang harus. Namun, berkata “Ya” pada segala sesuatu bukanlah hal yang harus kamu lakukan. 

 

Puja Sindia
Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment