WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Apa Aja Sih yang Harus Dipersiapkan Untuk Belajar Desain Grafis?

Sumber Gambar : Pinterest 

Hallo Sunners! Siapa diantara kalian yang mau belajar desain tapi masih bingung? Nah kali ini yuk kita bahas tentang bagaimana dan apa saja yang harus kalian ketahui agar tidak bingung lagi.

Jika kalian berminat untuk belajar desain grafis, kini sudah banyak sekali tutorial yang bisa membantu untuk memasuki dunia desain, kalian bisa mendapatkan dari sumber manapun seperti YouTube, website khusus desain grafis, dan sosial media.

Sebelum memulai ada baiknya kalian tau nih apa saja alat yang bisa kalian gunakan dalam proses pembelajaran, nah berikut ini adalah software yang dasar dan umum digunakan orang untuk memulai belajar desain grafis. Yuk, kita bahas.

1. CorelDraw

Untuk kalian yang baru memulai belajar desain grafis, CorelDraw merupakan salah satu aplikasi yang wajib dipelajari karena di sana kalian bisa membuat segala bentuk dan desain dari bentuk yang paling dasar. CorelDraw kebanyakan digunakan untuk mendesain poster, membuat logo, dan banner untuk acara tertentu. Karena aplikasi ini berbasis pada vector atau garis kalian bisa bebas menggambar sekreatif mungkin.

2. Adobe Photoshop

Berbeda dengan CorelDraw, Photoshop tidak berbasis utama pada vector yang kini sangat banyak digunakan pada industri desain, tapi tools dan fitur yang ditawarkan Photoshop sangatlah membantu dalam kebutuhan desain sehari-hari. Contohnya seperti mempercantik hasil foto, mengubah tone warna, hingga mengubah objek atau latar belakang pada sebuah gambar.

3. Adobe Illustrator

Yang ini memang tidak sepopuler dua nama yang sebelumnya dibahas tapi seorang desainer grafis sudah pasti kenal dan menggunakan software ini. Seperti bagian puzzle, dua aplikasi dari Adobe ini saling melengkapi kekurangan masing masing. Software ini berbasiskan vector dan masih membawa berbagai kelebihan dari Photoshop, tapi dasarnya lebih mirip dengan CorelDraw.

 

Penulis : Agis Manjal |Politeknik Negeri Media Kreatif|

Leave A Comment