WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Majalah Sunday

Anak Rantau Wajib Baca! Tips Mengatasi Homesick Ketika Jauh dari Keluarga

Apakah Sunners pernah mengalami homesick atau perasaan rindu rumah? Mengalami homesick adalah hal yang wajar, terutama buat anak rantau yang baru mulai merantau. Dalam menempuh pendidikan atau mencari pekerjaan, tidak semua orang beruntung memiliki tempat yang dekat dengan rumah. Sebagian orang harus tinggal di luar kampung halamannya untuk mencapai apa yang diinginkan. 

Merantau memang bukan hal yang mudah, apalagi ketika dilanda rasa rindu yang menyiksa batin ketika jauh dari keluarga. Bagaimanapun, inilah proses yang harus dilalui agar kita bisa mencapai hal-hal yang memang ingin kita capai. Jadi, jangan takut, Sunners! Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi homesick, kok

Berikut Pejuang Sunday kasih beberapa tips yang diharapkan bisa mengusir perasaan homesick bagi Sunners yang sedang merantau atau yang akan segera merantau.

  • Cari kesibukan atau aktivitas baru

Tidak mudah memang ketika kita dilanda homesick di masa perantauan. Bagi Sunners yang merantau karena pekerjaan atau menempuh pendidikan, kalian bisa melakukan aktivitas baru sesuai dengan hobi kalian di saat memiliki waktu luang. Tidak melulu harus menyibukan diri dengan pekerjaan kantor atau kuliah, tetapi carilah berbagai aktivitas positif dan menyenangkan yang bisa mengurangi rasa homesick kamu ketika berada di tanah rantau. 

Selain membuat pikiran teralih dari rasa rindu terhadap keluarga, melakukan aktivitas baru juga akan membuka kesempatan bagi kamu untuk menambah relasi dan teman baru. 

  • Rajin-rajin menghubungi keluarga di rumah

Semakin jarang kita menghubungi keluarga di kampung halaman, maka rasa kangen juga akan semakin besar. Saat ini, dengan adanya teknologi, jarak tidak lagi menjadi hambatan bagi kita untuk menghubungi orang terkasih di rumah. Sesibuk apapun kamu di tanah rantau, tetap usahakan meluangkan waktu untuk rutin menghubungi orang rumah, walaupun hanya sekadar bertukar kabar. 

Rasa kangen tidak akan dengan mudah teratasi walaupun sudah menyibukkan diri dengan aktivitas baru. Agar semakin mudah mengatasi homesick, rajin-rajinlah untuk menghubungi keluarga di rumah. 

  • Ngobrol dan curhat ke teman sesama perantau

Sebagai anak rantau, rasa rindu memang wajar adanya. Dengan memiliki teman di tempat kita rantau tentu akan memberikan banyak bantuan ketika kita merasa kesepian atau kangen rumah. Terutama jika memiliki teman sesama perantau, kalian bisa saling bertukar cerita dan saling memberikan semangat. 

Ingat, kamu tidak sendiri berada di tanah rantau. Berceritalah dengan nyaman dan ungkapkanlah kesulitan kamu kepada teman sesama perantau. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih lega secara batin.  

  • Bawa beberapa barang khas dari rumah

Untuk mengatasi homesick, jangan lupa untuk membawa beberapa barang khas yang akan mengingatkan kamu terhadap rumah, seperti boneka kesayangan, selimut, maupun foto keluarga. Membawa barang-barang dari kampung halaman bisa membantu dalam mengobati rasa rindu terhadap rumah dan keluarga. Walaupun tidak akan menghilangkan homesick secara total, namun setidaknya rasa rindu kamu bisa sedikit berkurang dengan kehadiran barang-barang tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dalam melawan rasa rindu ketika merantau. Semoga bermanfaat, ya, bagi Sunners yang sedang merantau maupun yang akan segera merantau. Apakah Sunners punya cara sendiri dalam mengatasi homesick? Mari kita berbagi cerita di kolom komentar 😀

Baca juga: https://majalahsunday.com/tips-ngekost-buat-mahasiswa-baru/

Penulis: Angelia, Universitas Bunda Mulia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *