WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Amankah Saat Menstruasi Meminum Obat Pereda Nyeri?

Bagi beberapa kaum wanita, setiap waktu menstruasi tiba merupakan saat yang paling menderita. Aktivitas jadi terganggu karena nyeri tak tertahankan di bagian perut. Biasanya rasa nyeri itu timbul di hari pertama menstruasi. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara. Mulai dari kompres perut dengan botol berisi air panas hingga minum obat pereda nyeri menstruasi. Namun, amankah saat menstruasi meminum obat pereda nyeri?

Banyak yang beranggapan bahwa minum obat pereda nyeri pada saat menstruasi dapat menyebabkan darah menstruasi tersumbat dan menyebabkan kemandulan. Padahal faktanya, seorang wanita boleh saja mengonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti obat pereda rasa nyeri jika rasa nyeri menstruasi sangat mengganggu aktifitas. Selain itu, saat menstruasi juga diperbolehkan meminum suplemen penambah darah jika merasakan lemas saat mestruasi. Wanita menstruasi juga boleh meneruskan minum obat-obatan yang rutin dia konsumsi, misalnya obat untuk mengontrol tekanan darah, dan lain-lain.

Seperti Feminax, ada yang bilang minum obat pereda nyeri menstruasi seperti Feminax bisa membuat rahim kering. Padahal dalam dunia medis, tidak ada istilah rahim kering. Mungkin ini adalah istilah yang dibuat kaum umum untuk menggambarkan kondisi kemandulan.
Kemandulan sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari masalah hormon, kelainan organ reproduksi, infeksi mulut rahim, stres hingga gaya hidup yang tidak sehat. Sedangkan Feminax sama sekali tidak bekerja di organ reproduksi. Untuk meredakan nyeri menstruasi, Feminax bekerja di pusat syaraf yang langsung mengirimkan sinyal ke bagian rasa sakit.

Kandungan Parasetamol di dalam Feminax menghalangi reseptor syaraf pusat di otak untuk merasakan nyeri. Sementara ekstrak Hiosiami berfungsi untuk mengurangi kejang otot saat menstruasi. Inilah mengapa sebenarnya aman-aman saja minum Feminax setiap merasakan nyeri di masa menstruasi. 

Semoga membantu ya sunners!

 

Hikmah Magfiroh Fajri | Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment