WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

7 Karakteristik Kamu Berkepribadian Arogan, Auto Dijauhi!

Yuk, Introspeksi Diri

Tahukah kamu jika ada beberapa karakteristik sosok yang arogan yang mungkin kamu punyai tanpa menyadarinya? Memiliki satu atau dua ciri-ciri ini tidak serta-merta membuatmu termasuk orang yang congkak, tapi bisa jadi ini pertanda untuk mulai mengevaluasi diri.

Seiring bertambah dewasa, kamu bisa mengubah sifat-sifat yang tidak kamu sukai. Kalau kamu memiliki tanda-tanda sosok yang arogan, informasi di bawah ini bisa dimanfaatkan sebagai inspirasi dan motivasi untuk berubah menjadi lebih baik.

1.Sulit diajak bergaul

Banyak alasan mengapa orang-orang tidak ingin bergaul denganmu—mungkin kamu terlalu introvert atau merasa canggung di sekitar mereka. Namun, itu bisa menjadi petunjuk kalau kamu terbilang arogan. Orang dengan kepribadian yang satu ini biasanya sering dijauhi sebab terlalu membanggakan diri sendiri dan suka merendahkan orang lain.   

2.Mudah membuat orang lain tersinggung

Sosok yang arogan cukup andal dalam menyakiti perasaan orang lain. Jika kamu merasa sering menyinggung perasaan teman atau rekan kerjamu, kemungkinan kamu berkawan dengan orang yang terlalu sensitif dan mudah baperan. Tapi, gak ada salahnya mencoba merenungkan mengapa banyak orang mudah tersinggung karenamu. Siapa tahu hal ini mendatangkan sedikit pencerahan.

3.Bertingkah serba bisa

Apa orang lain biasanya menolak bantuanmu saat kamu ingin terlibat? Apa mereka berkomentar bisa menuntaskan pekerjaan mereka tanpamu?  Sosok yang arogan cenderung memaksa dan ikut campur dalam urusan orang lain karena yakin bisa menyelesaikan masalah atau pekerjaan dengan lebih baik. 

Penolakan yang orang lain berikan menyiratkan kalau mereka tidak membutuhkan ‘keahlianmu’, dengan kata lain, mereka ingin agar kamu menyingkir. Kamu mungkin menilai dirimu ahli di bidangnya, tapi tak semuanya berpikir begitu. 

4.Berlagak sok pintar

Karakteristik yang satu ini erat kaitannya dengan karakteristik ke-3. Jika kamu percaya kamu lebih tahu dalam hal apapun dibandingkan orang lain, maka kemungkinan besar kamu punya sifat arogan. 

Di beberapa konteks, tidak ada salahnya merasa lebih berwawasan. Namun, jika berlagak sok pintar menjadi reaksi pertama dan utama yang sering kamu tunjukkan ke hampir semua orang dalam berbagai kesempatan, maka sudah saatnya memastikan keberadaan sisi arogan dalam sifatmu.

5.Sering terlambat

Sering terlambat menjadi red flag selanjutnya yang perlu kamu cermati. Ada kemungkinan ini berarti kamu memang sulit datang tepat waktu atau suka meremehkan durasi waktu yang kamu perlukan untuk bersiap. 

Pribadi yang arogan kerap terlambat dengan alasan waktu yang mereka miliki lebih berharga dibanding milik orang lain. Jika kamu merasa orang lain harus menunggu kedatanganmu, maka kamu tergolong sosok yang satu ini. 

6.Gemar memotong pembicaraan

Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk memotong pembicaraan orang lain. Mereka kadang melakukannya karena tidak sengaja dan tanpa pikir panjang. Namun, jika kamu melakukan perbuatan tidak sopan ini dengan sengaja, maka sisi arogan sudah mulai tumbuh dalam dirimu. Pribadi yang arogan percaya pendapat mereka jauh lebih penting sehingga harus menyela pembicaraan orang lain. 

7.Terlalu membanggakan diri sendiri

Jika kamu tak hanya sok pintar tapi juga terlalu membanggakan diri sendiri, maka sisi arogan sudah melekat dalam dirimu. Sosok yang congkak merasa gak level dengan orang lain, entah lewat penampilan, kecerdasan, perilaku, dan lainnya. Akan lebih baik jika kamu menyadari kelebihanmu, dan bukannya merasa paling superior dalam banyak hal. 

Tujuh tanda di atas cukup sulit dicari dan lebih sulit lagi diakui. Kalau kamu tidak menyadari sisi arogan dalam sifatmu, akan susah untuk berubah kedepannya. 

Leave A Comment