WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Masuk SKO (Sekolah Khusus Olahragawan) Ragunan. Yuk simak!

SKO Ragunan, adalah sekolah yang disediakan pemerintah kepada para atlet ataupun olahragawan di Indonesia. Dengan 10 cabang olahraga yang menjadi pokok latihan, sekolah ini menawarkan fasilitas fasilitas yang sangat menguntungkan bagi para peserta didik.

Kali ini sunners ditemani dengan ka Chelsie Tifany. Ia adalah siswi kelas 11 SKO Ragunan sekaligus atlet judo.

Terdapat 2 jalur masuk SKO (Sekolah Khusus Olahragawan)

Terdapat 2 jalur untuk masuk SKO Ragunan loh sunners. Ada yang langsung dapat panggilan tanpa seleksi, ada juga yang harus daftar dan seleksi. Sunners yang ingin ikut seleksi harus mempersiapkan kesehatan, fisik dan juga teknik. Tapi sebelum itu terdapat seleksi berkas bagi para peserta didik yang ingin daftar di sekolah ini.

Layaknya seperti Sekolah Menengah Atas biasa

Di sana mata pelajaran yang digunakan itu sama seperti SMA pada umumnya. Seperti ada pelajaran fisika, kimia dll. Jam belajarnya yang berbeda sunners, di SKO Ragunan jam belajar mereka hanya 3 jam. Di mulai dari pukul 09.00 – 12.00 sisanya mereka gunakan untuk latihan. Fun fact sunners, mereka tidak dituntut harus mendapatkan nilai yang bagus di pelajaran seperti fisika loh sunners. Karena memang di sana peserta didik di fokuskan untuk meningkatkan skill olahraga yang mereka pilih.

Setiap siswa mendapatkan uang saku 

Iya, dapat uang saku kayak apresiasi kita selama latihan gitu,” ujarnya.  Tunjangan yang diberikan bervariasi sunners. Karena setiap provinsi memiliki kebijakannya masing-masing.

“PPOP (Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar) DKI Jakarta tuh sama semua tunjangannya, cuman kan di SKO Ragunan kan bukan DKI Jakarta aja ya, jadi ada perbedaan nominal tunjangannya.”

Tidak semua siswa/i akan menjadi atlet nasional atau TIMNAS

Sunners, ternyata Setelah lulus dari SKO Ragunan tidak semua peserta didik menjadi atlet nasional loh, tergantung setiap TIMNAS cabang olahraganya apakah mereka buka untuk seleksi menjadi atlet nasional atau tidak. Tapi terkadang terdapat peserta didik yang langsung ditarik oleh TIMNAS tanpa mengikuti seleksi dan yap mereka akan langsung masuk TIMNAS. 

Banyak juga siswa/i setelah lulus dari sana akan melanjutkan kuliah sembari menjadi atlet, dengan syarat di bawah perintah PPLM (Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Mahasiswa). Karena mereka dapat menggunakan jalur prestasi untuk masuk kuliah. Tenang sunners, siswa yang kuliah sambil menjadi atlet tetap akan mendapatkan tunjangan, tetapi ia harus kuliah di salah satu universitas Jakarta.

Terdapat fasilitas asrama setiap cabang olahraga

SKO Ragunan ternyata punya jam malamnya loh sunners! Setiap jam 19.00 tidak diperbolehkan lagi untuk melakukan aktivitas. Karena jika lewat dari jam yang sudah ditentukan sanksi yang di dapat yaitu tidak mendapatkan jatah makanan, karena biasanya sudah habis juga. “Tapi, kadang malah dibuatin masakan yang baru sama chefnya,” sharing Chelsie. 

Di setiap kamar asrama berisi 2 orang kadang terdapat juga 3 orang karena jumlah siswa yang berbeda-beda tiap cabornya. Setiap ruangan  dikelompokkan per cabor jadi tidak digabung dengan cabor lain. Dan juga asrama putra, putri serta pelatih berbeda setiap gedungnya. 

Jadwal libur setiap 2 minggu sekali 

Nah sunners, ini juga hal yang berbeda di sekolah biasanya. SKO Ragunan memiliki hari libur tersendiri bagi para peserta didiknya. Mereka mendapatkan jatah libur untuk pulang ke rumah masing-masing setiap 2 minggu sekali.

“Kita awalnya ada jadwal pulang biasa 1 minggu sekali, tapi karena pandemi jadi 2 minggu sekali.”

Setiap akhir tahun atau lebaran siswa akan mendapatkan jatah libur 1 atau 2 minggu untuk pulang ke rumah masing masing. Tapi balik lagi ke pelatih setiap cabornya sunners. Jika pelatih terdapat memiliki target atau pelatih tetap ingin menjalankan latihan berarti peserta didik tidak jadi pulang ke rumah masing-masing. 

Atletik menjadi cabang olahraga yang memiliki jumlah siswa terbanyak

Cabang olahraga atletik menjadi cabor yang memiliki jumlah siswa terbanyak. Sunners tau nggak kenapa atletik menjadi cabang olahraga terbanyak di SKO Ragunan ini? Yap benar sekali, karena cabor atletik sendiri memiliki nomor yang banyak. Seperti sprint, lari jarak jauh, lompat, lempar lembing, dll. Dan cabang olahraga yang paling sedikit jumlah siswanya yaitu panjat tebing. 

“Paling sedikit panjat tebing, karena cabang olahraganya baru di PPOP. Jadi atletnya mungkin masih dikit.”

Nah itu dia sunners, 7 Hal yang Harus Kamu Tau Sebelum Masuk SKO Ragunan. Kamu tertarik nggak masuk sini?

 

Penulis: Muhammad Rafly Ramadhan / SMKN 1 Jakarta

Leave A Comment