WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Cara Membedakan Olshop Tipu-Tipu

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak orang yang menjual barang dagangannya melalui online shop, karena tentunya juga dapat memudahkan calon pembeli. Dengan hanya melihat-lihat barang yang ingin dibeli melalui handphone dan menunggu barangnya diantar sampai kerumah tanpa harus keluar rumah atau datang langsung ke tokonya. Namun ternyata banyak juga oknum-oknum yang tidak jujur membuat olshop tipu-tipu. Lalu bagaimana cara kita membedakan olshop tipu-tipu dengan olshop yang jujur?

  • Pertama, kita harus membeli barang yang diinginkan melalui olshop yang sudah terpercaya, seperti Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Dan lihat review dari orang- orang yang sudah membeli di toko tersebut, bisa juga melihat dari banyaknya bintang toko tersebut.
  • Cek Di Search Engine Google

Jika anda mendapatkan kiriman brodcast, pesan instan ataupun penawaran lainnya melalui media sosial facebook, biasanya berupa barang-barang elektronik seperti handphone dan kamera, juga pemberitahuan dapat hadiah, ceklah nama toko online (olshop) tersebut, termasuk juga nomer handphone, rekening bank (yang mungkin diberikan) ataupun nama orang penyedia online tersebut, yang dicurigai sebagai penipu. Dengan alasan “berburuk sangka” ketiklah pada mesin pencarian google misalnya ketik “penipuan online shop XX” atau ketik dengan istilah apa saja. Jika memang penyedia toko online tersebut pernah bermasalah baik itu nama toko, nama seseorang, no. telepon dan rekening bank maka google akan menampilkan hasil pencarian tersebut, baik itu hasil pencarian berupa testimoni positif mengenai toko online tersebut memang kredibilitasnya bisa diakui atau malah online shop abal-abal atau palsu yang sering melakukan penipuan.

  • Menawarkan Harga Murah

Online shop palsu atau abal-abal alias penipu biasanya menawarkan harga murah dan bahkan sangat murah dan cenderung tidak masuk akal, anda bisa membandingkan harga terkini barang-barang yang ditawarkan baik itu di toko terdekat atau melalui internet. Perlu diingat harga menentukan kualitas, tidak masuk akal harga barang murah tapi berkualitas. Kalau jasa murah namun berkualitas mungkin masuk akal.

  • Minta Transfer Uang Terus

Ketika anda dirasa cukup tertarik dengan barang yang ditawarkan, penipu akan mengirimkan rekening bank (ingat cek di google), jika anda sudah terkena tipu, bahkan penipu tidak behenti sampai disitu  saja, dengan dalih salah kirim barang (seperti seharusnya pesan satu tapi dikirim 2 barang,atau alasan lain), dan meminta anda untuk kirim uang lagi. Kalau sudah seperti ini anda sudah layak curiga dan jangan coba-coba kena bujuk rayu lagi.

  • Dan yang terakhir anda bisa mengecek nomer online shop tersebut melalui aplikasi Get Contact, dengan menggunakan aplikasi tersebut maka anda dapat mengetahui orang-orang yang menamakan kontak online shop tersebut, jika ada yang menamakan kontak tersebut dengan nama yang mencurigakan seperti tukang tipu, penipu, dan lain sebagainya maka jangan anda teruskan untuk membeli barang di online shop tersebut.

 

Hikmah Magfiroh Fajri | Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta

Leave A Comment