WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Usaha Sampingan Untuk Pelajar

Hai Sunners, masih berstatus pelajar tapi ingin mulai berbisnis?

Di zaman sekarang tidak ada hal yang tidak mungkin kamu lakukan, tapi apakah bisnis modal kecil yang memiliki untung besar untuk pelajar?.

Sebenarnya ada begitu banyak ide bisnis, untung besar yang bisa laris setiap hari dan bisa kamu lakukan meski sambal belajar. Namun, meski begitu jika bisnis dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis kamu menjadi bisnis besar. Dari pada penasaran, simak 5 rekomendasi bisnis modal kecil untung besar yang cocok dijalankan pelajar.

1. Membuka Toko Online

Bisnis Bisnis untuk pelajar yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengganggu waktu belajar adalah memulai bisnis online. Untuk memulai bisnis ini, kamu harus mengetahui dan menguasai medannya terlebih dahulu dengan cara belajar dan praktek. Dengan begitu, kamu bisa menjadi salah satu pengusaha online yang sukses dan hampir setiap menit mereka menerima orderan.

Mulailah dengan memerhatikan produk yang sedang tren dan memiliki kemungkinan untuk laris dijual. Jika kamu tidak memiliki modal yang cukup, kamu bisa mulai dengan menjadi reseller atau dropshiper. Bisnis ini cukup mudah dijalankan bagi pemula dan tidak mengganggu waktu belajar, kamu juga tidak memerlukan toko atau ruko, mesin produksi maupun karyawan, namun hanya butuh handphone dan internet.

2. Jual Paket Internet

Di zaman sekarang, pelajar dan mahasiswa adalah orang yang paling memahami masalah internet. Bagi mereka, hidup tanpa internet akan terasa lebih hampa. Nah, apa yang paling diperlukan untuk bisa berselancar di dunia maya? Maka jawabannya adalah paket internet. Bahkan ada pepatah ‘zaman now’ yang mengatakan tidak apa-apa tidak ada pulsa, yang penting ada paket data.

Untuk memulai bisnis pulsa atau menjual paket Internet, kamu hanya memerlukan koneksi. Dengan cara mengenal produsen paket data dan memiliki kenalan yang bisa jadi pelanggan, kamu sudah bisa menjalankan bisnis paket pulsa. Mulailah terlebih dulu dari temanmu yang masih sama-sama pelajar.

3. Bisnis Jasa Pengetikan

Aneka bisnis modal kecil tapi untung besar yang satu ini cocok untuk mahasiswa maupun pelajar. Jadi, di sini kamu membuka jasa untuk mengetik sesuatu, bisa proposal atau makalah. Kliennya bisa teman kamu sendiri atau orang lain. Terkadang ada juga karyawan kantoran yang menggunakan jasa pengetikan karena mereka tidak sempat melakukannya.

Bisnis ini akan meningkat ketika mahasiswa sedang melakukan skripsi. Biasanya mereka membutuhkan jasa ini untuk membantu mereka menyelesaikan skripsi, dan mereka akan fokus mencari data dan menganalisa temuan untuk skripsi mereka. Selain mendapatkan uang tambahan, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman menulis skripsi yang benar dari mereka yang sudah terlebih dulu memulai skripsinya.

4. Les Pvriat

Saat ini banyak orang tua yang ingin memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya di rumah. Selain ingin mengejar keterlambatan di sekolah, ini juga sebagai salah satu tujuan orang tua untuk memasukkan anaknya di sekolah tertentu. Untuk menjadi guru privat kamu cukup memanfaatkan skill dan ilmu yang kamu tau, agar lebih mudah, kamu bisa mengambil privat bagi anak SD yang ingin masuk SMP ataupun anak SMP yang ingin masuk SMA, biasanya pelajarannya tidak terlalu sulit ketika mereka duduk di bangku SMA. Selain bisa terus belajar, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang saku yang cukup besar.

 

 

5. Bisnis makanan ringan

Banyak remaja yang suka ngemil dan membawa cemilan ke sekolah ataupun ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Nah, kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ini dengan menjual makanan ringan bagi teman-temanmu. Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa kamu jual, mulai dari kerupuk makaroni, chiki, wafer, dan sebagainya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok bagi kamu yang masih pelajar dan ingin memulai usaha dengan modal minim, bahkan di bawah Rp50 ribu.

Sunners, jadi sudah tahu bisnis apa saja yang ingin kamu jalankan? Segera ambil kesempatan secepat mungkin untuk mendirikan usaha sampingan pribadi. Selain menambah tabungan masa depan, bisnis ini merupakan hal yang rendah resiko loh. Ayo, saatnya pelajar mulai membangun bisnis dan jadi bagian dari young entrepreneur Indonesia.

 

Penulis : Juliano Nakahar Pangestu – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment