WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Jangan Salah Menentukan Masa Depan!

Hai Sunners, jurusan studi yang kamu pilih di perguruan tinggi merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Keputusan tersebut akan sangat memengaruhi pilihan karir kamu setelah lulus perkuliahan. Maka mulai menjelajahi minat dan mengetahui apa yang kamu sukai merupakan hal yang perlu dilakukan sebelum masuk ke perguruan tinggi. Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada kamu tentang 5 tips penting untuk diterapkan saat akan memilih jurusan kuliah yang tepat. Berikut ini penjelasan selengkapnya :

 

1. Renungkan Apa yang Membuat Kamu Tertarik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat akan memilih jurusan kuliah yang tepat adalah mencari tahu apa yang menarik dan paling disukai. Untuk mengetahui apa yang disukai, kamu harus mengenal siapa diri kamu dan pengalaman yang terjadi di masa lalu. Kedua hal ini akan sangat membantu kamu untuk menentukan subjek yang paling disukai dan kamu bergairah untuk melakukannya.

 

2. Pertimbangkan Nilai yang Kamu Yakini

Setiap orang memiliki nilai-nilai yang diyakini di dalam hidup mereka, misalnya saja kamu suka membantu orang lain, suka memecahkan masalah, suka berhitung dan matematika, mengatasi masalah teknis, dan lain sebagainya. 

Pahami dengan baik nilai-nilai yang kamu yakini untuk mempertimbangkan pilihan jurusan yang akan diambil dalam perkuliahan. Cara seperti ini akan sangat membantu kamu untuk menentukan jurusan perkuliahan yang tepat.

 

3. Mengambil Kursus Mata Kuliah yang Bersangkutan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menentukan apakah suatu jurusan kuliah cocok atau tidak adalah dengan mencoba secara langsung salah satu mata kuliah yang akan diajarkan. Kamu bisa mengambil kursus salah satu mata kuliah yang akan diajarkan dan mulai menentukan apakah jurusan kuliah ini cocok untuk kamu.

Misalnya saja seperti ini, kamu tertarik untuk mengambil jurusan Manajemen di perkuliahan. Maka, kamu bisa mengambil kursus pengantar bisnis atau pengantar manajemen untuk menentukan apakah kamu suka dengan pelajaran seperti ini. Jika kamu suka dengan mata kuliah seperti ini dan menikmatinya, maka silahkan saja untuk mengambil mata kuliah ini di perguruan tinggi.

 

4. Lakukan Riset Agar Tidak Salah Jalan

Setelah memilih beberapa opsi jurusan, kamu dapat melakukan riset untuk mendapatkan informasi pendukung. Mulailah dari mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari, kampus mana saja yang menyediakan jurusan tersebut, berapa biaya dan akreditasinya, hingga apa saja jalur karir yang tersedia.

Kamu dapat membuat daftar jurusan kuliah yang sesuai dengan dirimu. Kemudian kumpulkan hasil riset dan bandingkan data tersebut untuk mendapatkan jurusan yang paling tepat.

5. Beri Waktu Kepada Diri Sendiri

Setelah melewati beberapa langkah di atas, hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah memberi waktu pada diri sendiri. Biarkan dirimu memikirkan semuanya dengan perlahan-lahan, mulai dari kemampuan diri, peluang masa depan, hingga pendapat dari orang terdekat. Meski begitu, upayakan untuk tidak terpengaruh oleh orang lain, ya! Karena pada dasarnya, kamu yang lebih mengenal siapa dirimu dan apa yang kamu mau.

Itu dia Sunners beberapa cara memilih jurusan kuliah yang dapat kamu praktikkan. Melalui pertimbangan yang matang, kamu akan mampu menentukan program studi yang paling tepat sebagai bekal untuk masa depanmu. Dengan mengikuti 5 tips di atas, maka diharapkan kamu benar-benar bisa menemukan jurusan perkuliahan yang tepat untuk masa depan.

Semoga sukses!!

 

Penulis: Juliano Nakahar Pangestu – Universitas Tama Jagakarsa

Leave A Comment