WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Anak IPA

“Apa saja sih jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA?”

Memilih jurusan kuliah menjadi masalah utama bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana. Pasalnya, kita perlu mempertimbangkan banyak hal, seperti minat dan bakat, akreditasi jurusan, biaya yang diperlukan, serta prospek kerja.

Salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah adalah minat dan bakat. Kenali terlebih dahulu minat dan bakat yang ada di dalam diri kamu agar tidak salah dalam memilih jurusan. Dengan jurusan yang tepat, tentu akan terasa lebih menyenangkan ketika menjalaninya. Selain itu, kamu juga akan terus termotivasi untuk mengembangkan kemampuan mu melalui jurusan tersebut.

Bagi kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, berikut 5 rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA. Simak baik-baik, ya!

  • Pendidikan Kedokteran

medical professionals working

Profesi mulia yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ya, Sunners. Jurusan kedokteran mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan manusia, baik cara menjaga kesehatan, mencegah penyakit, serta cara mengobatinya. Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan banyak belajar mengenai anatomi tubuh manusia, genetika, sistem reproduksi, sistem kerja tubuh manusia, dan ilmu kesehatan lainnya. Terkait prospek kerja jurusan ini pun tidak perlu ditanyakan lagi. Setelah sah menyandang gelar dokter, kamu bisa menjadi dokter umum, peneliti, dosen, kepala rumah sakit, atau mengambil Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) untuk menjadi dokter spesialis.

  • Psikologi Saintek (IPA)

Jurusan psikologi mempelajari mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mental, pikiran, dan perilaku manusia. Umumnya, sebagian besar perguruan tinggi menggolongkan jurusan ini ke dalam rumpun ilmu soshum. Namun, jangan khawatir Sunners, untuk kamu anak IPA yang tertarik dengan jurusan ini ada pula perguruan tinggi yang memasukkan ke dalam rumpun ilmu saintek, loh. Perguruan tinggi yang memiliki jurusan psikologi saintek, yaitu Universitas Padjajaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Andalas, dan Universitas Hasanuddin. Dalam psikologi saintek, materi yang dipelajari akan lebih menekankan pada pendekatan ilmu sains, seperti biologi dan kimia. Adapun prospek kerja dari jurusan ini, kamu bisa menjadi HRD (Human Resources Development), dosen psikologi, psikolog, konselor, dan sebagainya.

  • Teknik Informatika

Siapa di sini yang sudah nonton drama StartUp? Buat kamu yang tertarik menjadi programmer seperti Nam Do San, kamu bisa memulainya dengan mengembangkan kemampuan mu melalui jurusan ini, loh. Di jurusan teknik informatika, kamu akan banyak belajar mengenai pengembangan perangkat lunak (software), pemrograman (programming), dan ilmu komputer lainnya. Peluang kerja dari jurusan ini juga cukup luas dan menjanjikan, apalagi dunia teknologi informasi akan semakin berkembang. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi programmer, software developer, IT consultant, web developer, dan masih banyak lagi.

  • Teknik Sipil

Masih dari jurusan teknik, jurusan ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Di teknik sipil, kamu akan belajar mengenai proses merancang, membangun, serta merenovasi gedung-gedung, jalanan, jembatan, landasan pesawat terbang, pelabuhan, dan lain-lain. Selain diperlukan kemampuan menggambar, di jurusan ini juga diperlukan kemampuan menghitung. Karena jurusan ini erat kaitannya dengan ilmu matematika dan fisika. Prospek kerja dari jurusan ini, kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan properti atau instansi pemerintah, seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan sebagainya.

  • AktuariaCoins, Currency, Investment, Insurance, Cash, Banking

Jurusan aktuaria mempelajari mengenai pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan banyak belajar matematika, akuntansi, statistika, peluang, dan ilmu pendukung lainnya. Meskipun jurusan aktuaria masih tergolong baru di Indonesia, tetapi peluang kerjanya tidak kalah menjanjikan loh, Sunners. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi aktuaris; penilai, pemeriksa, dan penyidik klaim asuransi; pemeriksa klaim, asuransi properti; agen penjualan asuransi; dan sebagainya. Untuk kamu yang suka dengan pelajaran matematika, jurusan aktuaria bisa jadi pertimbangan kamu nih. 

 

Nah, itulah 5 rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA. Semoga bisa membantu kamu yang lagi bingung dalam memilih jurusan kuliah ya!

 

Penulis: Syifa Nurul Aulia – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment