WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Manfaat Membaca Buku dengan Audiobook

Membaca merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang kerap disarankan dalam upaya meningkatan pengetahuan. Aktivitas membaca bisa dilakukan dengan media apa saja, baik media tradisional yang berupa kertas dan buku, maupun melalui media elektronik yang kini kian digemari. Namun, media-media yang biasanya digunakan tersebut masih mengasosiasikan kegiatan membaca dengan rangkaian tulisan-tulisan di depan mata. Seiring zaman berkembang, membaca pun saat ini dapat dilakukan dengan media berupa audio tanpa perlu melihat tulisan.

Audiobook atau buku audio adalah sebutan bagi buku dalam bentuk suara, atau singkatnya merupakan buku yang disuarakan oleh seseorang atau sekelompok penyuara. Audiobook menyediakan buku yang isinya telah disuarakan sehingga kita dapat menikmati buku tersebut tanpa membacanya secara langsung. Menggunakan audiobook sebagai salah satu alternatif membaca memiliki kelebihan juga manfaat yang mungkin tidak bisa didapatkan jika membaca langsung dengan buku atau e-book. Apa saja, sih, manfaatnya, Sunners?

  1. Mampu meningkatkan fokus

Dalam membaca atau mendengarkan audiobook tentu dibutuhkan fokus yang tinggi agar kita mampu memahami isi buku yang tengah dibacakan. Jika kurang memerhatikan penyampaian narasi oleh penyuara, akan agak sulit untuk mengulang kembali bacaan. Oleh karenanya, dengan mendengarkan audiobook, kemampuan menyimak kita akan terlatih sehingga dapat meningkatkan fokus dan perhatian.

  1. Membantu pelafalan kata (pronunciation)

Membaca melalui audiobook adalah salah satu langkah yang tepat dalam membantu melafalkan suatu kata, terutama jika kita tengah mempelajari bahasa baru. Selain itu, kita juga bisa memerhatikan bagaimana cara bicara, kecepatan membaca serta intonasi si narator, yang mana hal itu dapat membantu menguasai kefasihan bahasa tersebut dari segi fonologi.

  1. Meningkatkan memori/kemampuan mengingat

Bila mendengarkan audiobook jenis buku fiksi, akan sangat banyak hal yang mesti diingat seperti nama para tokoh, nama tempat, bagaimana jalan ceritanya, obrolan-obrolan yang berkaitan dengan pemecahan konflik dalam cerita, dan lain sebagainya. Hal tersebut membantu mempertajam dan meningkatkan kemampuan kita dalam mengingat sesuatu, tidak hanya isi cerita dalam buku tapi juga berbagai hal dalam hidup.

  1. Membantu berpikir kritis dan meningkatkan kemampuan pemahaman

Selagi mendengar audiobook, banyak informasi yang diproses dalam otak kita secara bersamaan. Hal itu membuat kita menganalisis apa yang telah didengar dan membuat penilaian berdasarkan analisis tersebut, sehingga kemampuan berpikir kritis bisa meningkat.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Mendengarkan berbagai audiobook yang sesuai dengan minat kita akan dapat membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran. Jika pikiran dan hati tenang, maka kesehatan mental sudah pasti akan senantiasa terjaga. Selain itu, apabila mendengarkan audiobook sebelum tidur maka bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi mereka yang kerap mengalami masalah insomnia.

Nah, Sunners, manfaat-manfaat di atas bisa menjadi pertimbangan bagi kalian untuk memulai pengalaman baru dalam membaca. Mendengarkan audiobook juga dapat dilakukan sembari mengerjakan aktivitas lain sehingga bisa menghemat waktu. Lalu, suara narator dalam membacakan mampu menghidupkan suasana cerita, yang mana membuat kegiatan membaca menjadi lebih seru dan menyenangkan.

 

Deni Adilla Safitri

Leave A Comment