WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Masuk Sekolah Arsitektur

  • Bersiaplah Untuk Mengobservasi Atau Bepergian

Jika kalian belajar arsitektur, kemungkinan besar kalian akan belajar banyak di luar ruangan, yaitu kegiatan di luar ruangan. Tentunya hal ini untuk memudahkan kalian melihat langsung bangunan tersebut, mulai dari model, warna, hingga bentuk desainnya. Jangan heran jika tugas kalian tidak hanya melakukan aktivitas di kelas, tetapi juga bergerak. Tentu tidak membuat kalian bosan, bukan?

 

  • Nilai Matematika Yang Cukup Memuaskan

Seperti yang kita semua tahu, matematika dan fisika adalah pengetahuan yang paling berguna dalam kuliah arsitektur. Calon arsitek setidaknya harus memahami dua ilmu mematikan ini. Jika nilai matematika atau fisika kalian tidak bagus, maka kalian tidak bisa masuk jurusan ini.

Matematika berkaitan dengan pengukuran. Ini terkait dengan pengukuran detail bentuk bangunan, sudut gambar, dll. Selain fisika dan matematika, ternyata kalian setidaknya memahami sejarah seni dan desain. Jika kalian tidak memiliki pengetahuan yang cukup, kalian dapat mengambil les privat.

 

  • Siapkan Sisi Kreativitas Kalian

Bersiaplah untuk mengasah kreativitas kalian. Kalian akan “dipaksa” untuk merencanakan dan membayangkan. Kalian juga telah mendapatkan pelatihan menggambar sketsa dengan benar atau dalam waktu yang lebih singkat. Kalian perlu memiliki ide-ide baru untuk arsitektur masa depan.

Kalian akan menjadi orang yang mengusulkan ide tersebut, bukan hanya melakukan apa yang kalian katakan. Berpikir kreatif berarti kalian memiliki banyak cara untuk menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, acara tersebut dapat dilihat dari segala aspek.

 

  • Mulailah Belajar Berekspresi Dengan Gambar

Salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia arsitektur adalah seni, khususnya seni lukis. Kalian harus terbiasa mengekspresikan perasaan kalian dalam bentuk gambar atau efek visual. Arsitek tidak menggunakan komputer untuk menggambar, tetapi menggambar dengan tangan. Buku sketsa tampaknya menjadi barang bawaan.

Jika kalian tidak sepenuhnya mengembangkan keterampilan ini, kalian dapat mengikuti kursus menggambar. Selain memperluas wawasan kalian, ini akan membuat tangan kalian lebih “pintar” saat memegang pensil dan kertas. Kalian akan terbiasa membuat sketsa kasar dan cepat atau menggambar detail halus.

 

  • Bersiaplah Untuk Memberikan Pada Detail

Ketika kalian memutuskan untuk mengambil kursus arsitektur, bersiaplah untuk memperhatikan detail. Jika kalian bukan orang yang terbiasa memperhatikan detail, maka kalian harus mulai belajar melakukannya.

Detail dalam dunia arsitektur meliputi sudut dan garis. Jika tidak ada pengukuran yang nyata dan perhitungan yang cermat, maka akan berdampak pada desain secara keseluruhan.

Kalian tidak dapat mengabaikan detail ini, hanya karena gambaran besarnya sempurna. Kalian harus terbiasa menjaga pengamatan yang tajam di setiap sudut desain.

Leave A Comment