WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

4 Tips Agar Kamu Terhindar dari Gaya Hidup Hedonisme

Hallo, Sunners! Kamu pasti pernah mendengar kata hedon? Apa, sih, sebenarnya hedon itu? Lalu mengapa hedon ini sering dikaitkan dengan konsumtif? Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

 

Hedonisme dalam KBBI memiliki arti pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam kehidupan. Mengapa seringkali dikaitkan dengan konsumtif? Karena konsumtif hanya bersifat konsumsi. Hedonisme dan konsumtif ini secara tidak langsung memiliki jalan yang sama. Keduanya menggiring kita untuk menjadikan materi sebagai tujuan kesenangan. Sekarang ini konsumtif sudah menjadi bagian dari budaya yang bersifat dinamis, di mana masyarakat lebih banyak memakai daripada membuat. Hedonisme cocok dipakai untuk seseorang yang hobinya belanja. Masyarakat yang menghabiskan uangnya untuk sekadar menyenangkan diri dan kenikmatan materi yang berujung pada rasa ketagihan. 

Apalagi bagi kamu yang sedang dalam masa transisi, teknologi menawarkan banyak kemudahan yang membuat semua orang dimanjakan. Kamu hanya perlu duduk dengan saldo shopeepay yang jumlahnya banyak dan secara tidak sadar menghabiskan uang untuk menjadi bagian dari tren. 

Nah, untuk terhindar dari gaya hidup hedonisme ini ada beberapa tips yang harus kamu tahu. Apa saja, sih? Yuk kita simak: 

1. Membuat Anggaran Keuangan

Financial, Analysis, Accounting, Invoice

Untuk menghindari gaya hidup hedonisme kamu harus membuat anggaran keuangan setiap bulannya. Selain untuk mengetahui jumlah uang yang masuk dan keluar, kamu juga akan terbiasa hidup hemat dan tidak membeli hal-hal yang tidak kamu butuhkan. Anggaran keuangan ini berguna agar tidak ada ketimpangan antara pemasukan dan pengeluaran. 

2. Tentukan Prioritas 

Priority, Goal, Plan, Importance

Setelah membuat anggaran keuangan, kamu harus membuat daftar prioritas kebutuhan. Mulai dengan barang-barang yang akan kamu beli. Daftar prioritas bertujuan sebagai pengingat diri. Jadi ketika kamu ingin membeli sesuatu padahal itu tidak masuk dalam daftar kebutuhan, kamu bisa berpikir apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya sebatas keinginan belaka, karena biasanya orang-orang dengan gaya hidup hedon akan berusaha memenuhi keinginan dengan berbagai cara, apalagi didukung dengan diskon dan promo yang besar-besaran. Jadi penting sekali untuk kamu menentukan prioritas. 

3. Hidup Sederhana

Foto stok gratis alfabet, berbentuk, flatlay

Kita sering menjumpai, mendengar, atau membaca quote “bahagia itu sederhana”. Memilih hidup sederhana bukan berarti hidup serba kekurangan. Dengan hidup sederhana kamu akan bisa dengan mudah mengutamakan kebutuhan, menanamkan pola pikir hidup sederhana dengan tidak perlu mewah-mewah juga adalah salah satu investasi jangka panjang yang bisa kamu lakukan sekarang agar terhindar dari pemborosan yang membuat kamu tidak memiliki tabungan masa depan. 

4. Menabung 

Save, Piggy Bank, Teamwork, Together, Money, Finance

Ada banyak sekali manfaat jika kamu membiasakan diri sejak dini menabung. Selain terampil dalam mengelola uang, jika kamu menabung akan membuat kamu belajar lebih disiplin dan berhemat juga dalam menggunakan uang. Jadi, pastikan uang kamu sedikit tersimpan dalam tabungan sebagai bekal masa depan dan kalau-kalau suatu saat kamu membutuhkan uang, ada uang yang sengaja disimpan sebagai tabungan tanpa harus meminjam kepada orang lain.

So, Sunners! Selamat bijak memakai uang, ya. Have a nice day. 

 

Melani Wulandari – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment