WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 Trik Sukses Sekolah Online Tanpa Laptop

Biasanya yang ada di kepala kita ketika hendak memasuki dunia sekolah dengan pembelajaran online adalah dengan beranggapan perlu memiliki laptop yang canggih atau mumpuni dan perlu pengetahuan akan teknologi yang berwawasan luas.

 

Laptop seolah menjadi peran utama dalam belajar secara online. Ia semakin memanjakan pekerjaan kita karena kegunaanya yang beragam pengolahan data, baik dalam belajar maupun dalam bisnis. Saat ini laptop memang begitu penting dalam pengolahan data karena memiliki spek tinggi, namun pertanyaannya, apakah kita bisa tetap belajar online tanpa menggunakan laptop? 

Kalau mau tahu lebih lanjut, mari kita teruskan untuk membaca artikel ini sampai akhir. Ada tiga cara yang dapat dilakukan ketika kamu mau belajar online tanpa menggunakan laptop yaitu:

  • Menggunakan handphone Android biasa yang spesifikasinya memenuhi

Ada sejumlah handphone yang bisa dibilang setara dengan laptop seperti Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, hanya saja agak mahal harganya. Sedangkan versi lebih ekonomisnya, ada Vivo Y12 yang cukup direkomendasikan untuk PJJ. Selain itu Samsung J2 core dan handphone dengan spek rendah lainya juga dapat digunakan saat belajar online, hanya saja ada beberapa fitur yang tidak dapat digunakan saat guru melakukan presentasi. Jangan kuatir, sebenarnya antara handphone dengan spek tinggi maupun rendah bukan persoalan dalam belajar, tapi sikap hatimu dan tindakanmu sendiri yang menjadi pengaruh utama dalam proses belajar-mengajar.

  • Menggunakan fasilitas umum atau warnet

Bagi kamu yang di area tempat tinggalnya masih ada warnet, sangat cocok untuk dimanfaatkan PJJ ini. Kalau kamu berpikir tempatnya jauh dan buat capek, coba pikirkan hal menarik dari warnet yang hendak kamu gunakan. Waktu berangkat mesti diperkirakan, kalau jarak tempuh 1 jam dan jadwal masuk sekolah jam 7, kamu umpamakan bahwa warnet tersebut adalah sekolah barumu. Dalam hal ini berusaha untuk membuatmu senang dan nyaman. Selain itu, cek fasilitas umum dengan komputer dan jaringan internet yang mungkin bisa kamu manfaatkan, misalnya perpustakaan daerah atau balai warga.

  • Konsultasi pada guru

Berbicara jujur pada guru mengenai kesulitanmu dalam PJJ itu perlu. Maksudnya adalah kamu harus mengatakan sejujurnya situasi yang kamu hadapi. Biasanya kalau kamu jujur dengan berani, maka guru akan mengarahkan atau membuat kelompok dengan menggabungkan antara yang punya media handphone dengan yang tidak, bahkan gurumu juga mungkin bisa mengusahakan menyampaikan pada pihak sekolah untuk menggunakan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Bila kamu yang malu dan takut untuk jujur pada guru lewat chat maupun telepon, kamu bisa minta tolong teman yang kamu percaya. Ingat, bungkam yang akan semakin membuatmu terpuruk. 

Setiap cara punya kekurangan dan kelebihan tersendiri dalam melakukan proses pembelajaran. Terkadang semakin banyak alasan yang kita buat untuk berkata tidak mampu, hanya akan membuat kita berakhir tidak mampu. Jadi, bagi kamu yang tidak punya laptop, jangan jadikan itu alasan tidak sekolah. Kamu yang punya laptop apalagi, sangat tidak wajar kalau beralasan untuk tak mau belajar/sekolah dan tidak perlu juga untuk bangga berlebihan kalau punya berlebih. 

 

Penulis: Tomi

Universitas Kristen Indonesia

 

 

Leave A Comment