WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

3 Tips Menghemat Uang Untuk Pelajar dan Mahasiswa, Nomer 2 Paling Ngaruh!

“ masih sekolah/kuliah, tapi pengen nabung. Bisa nggak ya? “

Jawabannya bisa. Sering kali, seseorang pada saat sekolah atau kuliah menggunakan uang mereka terkadang suka melebihi batas. Karena mereka akan berpikir jika uang tersebut bisa dimintanya kembali ke orang tua. Walaupun seorang anak masih tanggungan orang tua, tetapi tidak ada salahnya seorang anak bisa meringankan beban atau masalah orang tua, salah satunya ialah meminta uang terlalu banyak atau sering. Padahal dengan uang saku yang diberikan oleh orang tuamu bisa kamu tabungi, loh! Dengan menabung ini  kamu bisa banget menghemat uang saku yang diberikan oleh orang tuamu, selain itu manfaat menabung ialah kamu bisa mengatur keuangan kamu sendiri. 

Nah untuk kamu yang ingin menabung sedari kini, boleh banget ikutin beberapa tips ala Majalah Sunday, simak baik-baik ya!

  • Membedakan kebbutuhan dan keinginan

Membedakan dua hal ini sungguh lah sulit, tapi jika kamu pelan-pelan belajar mana kebutuhan mu dan yang mana keinginanmu itu sangat berpengaruh dalam menghemat uangmu, loh. Karena ketika kamu sudah tahu apa kebutuhanmu maka kamu akan membelinya sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginanmu yang terlalu banyak itu. Jadi uang sakumu juga berkurang dari pada biasanya.

  • Membawa bekal dan sarapan di rumah

Sering kali hal ini membuat uang kita keluar lebih banyak, karena ketika kamu bersekolah dan lupa untuk sarapan pada saat waktu istirahat kamu tentu akan berjalan menuju kantin untuk membeli makanan kesukaanmu yang itungannya akan lebih memakan uangmu cukup banyak karena bisa membeli untuk sarapan dan makan siang. Padahal dengan kamu membawa bekal dari rumah dan sarapan setiap pagi dari rumah itu akan jauh lebih baik untuk kamu yang ingin menghemat dan menabungkan uang sakumu. Karena uang yang seharusnya dipakaikan untuk jajan di kantin tidak terpakai jika kamu membawa bekal.

Selain membawa bekal, membawa air mineral dari rumah juga merupakan sebagian kecil untuk menghemat uangmu. Benar si, air mineral tidaklah mahal. Akan tetapi jika sehari kamu membeli air mineral yang seharga lima ribu rupiah sebanyak dua kali, maka dalam lima hari kamu bersekolah kamu bisa mengeluarkan uang sakumu untuk air mineral sebanyak lima puluh ribu rupiah. Bayangkan jika kamu membawa air mineral dari rumah kamu bisa menghemat lima puluh ribu dalam lima hari.

  • Kurangi aktivitas di luar rumah ataupun berkumpul dengan teman

Berkumpul dengan teman adalah kegiatan yang menyenangkan, karena kita bisa berbincang dengan teman sebaya dan bertukar pikiran dengan mereka. Akan tetapi, berkumpul dengan teman pun tentunya sering kali berada di luar rumah seperti di café, tempat makan, dan lainnya. Walaupun kegiatan ini sangatlah menyenangkan, kegiatan ini sangatlah memakan uang sakumu karena itu akan mengeluarkan nominal yang tidak sedikit. Untuk menghindari itu, kamu bisa mengurangi berkumpul dengan temanmu atau melakukan aktivitas di dalam rumah saja sambil melakukan kegiatan yang kamu senangi. Seperti menonton, membaca, mewarnai, dan masih banyak lagi.

Nah itu dia Sunners tiga tips menghemat uang untuk kamu yang masih pelajar atau kuliah. Keuanganmu adalah milikmu, dan kamu lah yang mampu memutuskan untuk mempergunakan uang tersebut sesuai kebutuhanmu. Pilih dengan bijak ya dalam mengeluarkan uang!

 

Halidah Sarah Pratiwi – Universitas Negeri Jakarta

Leave A Comment