WeCreativez WhatsApp Support
Hai, Sunners... Mimin di sini!
Mau ngobrolin apa nih?

Gejala Panic Attack Dapat Diringankan Dengan Membaca Al – Quran? Yuk Simak!

Selain sebagai pedoman hidup dan sumber hukum ajaran bagi umat Islam, ternyata ada loh Sunners manfaat membaca Al – Quran untuk mental health kita.

Emang hubungannya apa?  Menurut Ilmuwan di Universiti Teknologi Malaysia terdapat manfaat psikologi dan emosional saat membaca Al – Quran. Sunners penasaran? Yuk simak! 

Reaksi Otak Ketika Membaca atau Mendengarkan Al – Quran 

Sunners tau nggak, saat kita membaca atau mendengarkan Al – Quran ternyata ada loh reaksi terhadap tubuh kita contohnya seperti, penurunan depresi, menstabilkan tegangan darah dan jantung, nutrisi yang baik bagi otak, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi. Nah Sunners, peneliti dari Universiti Teknologi Malaysia mendeteksi 5 frekuensi gelombang yang di dapatkan dari perangkat Electroencephalogram (EEG)  untuk menangkap sinyal gelombang otak. 5 frekuensi itu diantaranya: alfa, beta, gamma, delta, dan teta. Saat membaca dan mendengarkan Al – Quran otak akan memproses frekuensi alfa dan teta yang bermanfaat untuk menenangkan serta mendamaikan otak kita. 

Saat merasa cemas atau serangan panik muncul secara tiba-tiba. Otak akan merespon untuk menghindari pemicunya, maka terjadilah pembentukan zat adrenalin yang memicu peningkatan detak jantung, serta gelisah atau berpikir yang berlebihan. Seseorang yang terkena panic attack akan merasakan sesak napas dan jantung yang berdebar. Sunners tau nggak itu terjadi karena apa? Itu terjadi karena beberapa faktor, seperti: pengendalian amarah yang buruk, stres berkelanjutan, ataupun masalah kehidupannya. 

Biasanya Sunners, penderita panic attack akan meredakan gejala yang dialaminya secara mandiri, yaitu dengan mengatur pernapasan, menghindari pikiran negatif, atau memfokuskan panca indra mereka ke kegiatan kegiatan lain. Tapi kita bisa mencegahnya dari awal, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. 

Nah, karena sekarang ini berada di bulan yang indah bagi umat Muslim, yaitu bulan Ramadan tidak salahnya kita mengisi kegiatan kegiatan kita dengan membaca Al – Quran. Selain mendapatkan pahala, Sunners juga mendapatkan ketenangan hati serta kedamaian jiwa. Ketika sudah terbiasa membaca atau mendengarkan Al – Quran, efek dari yang disebutkan tadi bisa Sunners rasakan. Menurut penelitian Muhammad Salim yang dipublikasikan oleh Universitas Boston, 65% responden mendapatkan ketenangan ketika mendengarkan bacaan Al – Quran.

Selagi Sunners membaca Al – Quran otak akan memfokuskan pikirannya ke ayat-ayat di Al – Quran. Ketika Sunners sering kali membaca Al – Quran, sensory storage atau sensory register Sunners akan terbiasa dengan fokus terhadap suatu hal. Maka dari itu jika Sunners memiliki kesulitan terhadap fokus dan konsentrasi, Sunners bisa coba dengan membaca Al – Quran. Hal ini membuktikan bahwa terjadi fungsi kognitif yang berpusat di otak.

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat membaca Al – Quran untuk mental health kita. Gimana nih Sunners sudah baca Al – Quran belum hari ini?

 

Penulis: Muhammad Rafly Ramadhan/SMKN 1 Jakarta

 

Leave A Comment